Jenis Label Pada Pakaian

  1. Label Woven

Label Woven merupakan label yang dibuat dengan benang rajut. Label woven menggunakan bahan polyester yang digunakan sesuai dengan jenisnya. Bahan label woven sendiri memiliki berbagai jenis yang dibedakan dari bahan yang digunakan, tektur label, warna, dan ketebalan. Label woven yang biasa digunakan oleh industri pakaian adalah kualitas double atau biasa disebut damask.  Kualitas double/damask ini menggunakan bahan dasar dan tulisan benang polyester 150 denim. Sedangkan untuk kualitas lain yang memiliki kualitas yang lebih halus adalah kualitas lux. Kualitas lux menggunakan bahan dasar benang polyester 50 denim menghasilkan bahan lembut dan ketajaman tulisan jelas/ detail. Berbeda dengan kualitas double/ damask yang permukaan pori-pori bahan terlihat jelas, kualitas lux memiliki permukaan yang lebih halus sehingga pori-pori bahan tiak terlihat.

  1. Label Printing

Label printing merupakan label yang desain/tulisan yang tertera merupakan hasil print, berbeda dengan woven yang hasil desain/tulisan merupakan hasil memintal benang. Label perinting memiliki beberapa jenis bahan dasar yaitu: saten, katun, dan tafeta. Perbedaan penggunaan bahan tergantung dengan fungsi dan kegunaan label.  Untuk bahan saten dan katun biasanya digunakan untuk label pakaian karena memiliki bahan yang lembut. Sedangkan, untuk tafeta biasa digunakan untuk care label yang memberikan instruksi-instruksi perawatan.

  1. Label Pita

Label pita sama halnya dengan lael printing karena desain/tulisan yang dibuat dalam bentuk printing. Label pita terdiri dari dua bahan yaitu bahan pita import dan bahan gross grain. Label pita biasa digunakan untuk tambahan packaging pada produk kue/tart dan bouquet flower.